.

Yang Terbaru

MA’HAD AL MANSHUROH CILACAP

Logo MTQ Al-Manshuroh

معهد تحفيظ القرأن المنصورة
MA’HAD TAHFIDZUL QUR’AN
AL MANSHUROH
CILACAP
Muqoddimah
Generasi shalih adalah harapan dan cita-cita setiap orang tua. Terlebih ketika mereka dalam kehidupan ini mampu bercermin kepada para As Salafush Shalih, sebagai generasi Islam pertama yang unggulan yang terbukti lahir dari pendidikan ruhiyah (Tarbiyah Islamiyah). Bahkan berhasil membangun peradaban mulia di masa keemasan dahulu.
Jadi, bukan saatnya lagi bagi kita sebagai orang tua untuk minder dengan mengagung-agungkan pendidikan di luar Islam. Tak perlu pula latah dengan mengambil sistem pendidikan yang mengesampingkan bahkan menjauhkan ilmu agamanya sendiri. Sudah saatnya bagi orang tua berlomba-lomba mewujudkan generasi Islam yang unggul.
Ma’had Tahfidzul Qur’an Al Manshuroh ini merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang bernuansa khas pesantren yang berupaya menanamkan kesederhanaan hidup dan berakhlak karimah yang santun juga ikut berpartisipasi membantu kaum muslimin dalam rangka mewujudkan harapan bersama, mencetak bibit-bibit pewaris para Nabi.
Profil
Ma’had Tahfidzul Qur’an Al Manshuroh Cilacap Berdiri pada Tanggal 12 Juli 2003 yang awalnya beralamat di Jalan Ismoyo Arum, Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap.
Pada tahun ajaran 2006-2007 sampai dengan sekarang, Ma’had Tahfidzul Qur’an Al Manshuroh Cilacap pindah alamat di Jalan Urip Sumoharjo no. 202 Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Ma’had Tahfidzul Qur’an Al Manshuroh Cilacap berada di bawah naungan Yayasan Khidmatussunnah yang berfungsi sebagai pelindung hukum di Indonesia.
Visi
  • Menjadi sebuah pesantren yang senantiasa berpijak di atas Al Qur’an dan As Sunah berdasarkan pemahaman As Salafush Shalih.
  • Menghasilkan lulusan yang beraqidah lurus, taat beribadah dan berakhlak mulia serta siap untuk melanjutkan Thalabul Ilmi di jenjang berikutnya.
Misi
  • Membekali para santri dengan berbagai ilmu dinniyah
  • Menanamkan kepada para santri rasa cinta terhadap Al Qur’an dan sunnah dengan berusaha menghafalkannya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
Sistem Pendidikan
  • Pendidikan MTQ dilaksanakan setiap hari kecuali hari Ahad.
  • Pendidikan diselenggarakan mulai pukul 07.30 s.d 13.15 WIB kecuali hari Jum’at
  • Adapun bagi kelas IV s.d kelas VI menggunakan sistem full day scholl, serta khusus putra kelas V dan VI diadakan program pemondokan.
Kurikulum
MTQ Al Manshuroh Cilacap menerapkan Kurikulum Saudi Arabia untuk diniyyahnya dan dipadukan dengan pelajaran umum yang disarikan dari Kurikulum Pendidikan Nasional.
 Materi Pelajaran
  1. Tahfidz Al Qur’an
  2. Bahasa Arab
  3. Aqidah
  4. Akhlaq
  5. Fiqih
  6. Imla’ / Khot
  7. Hadits
  8. Qiroat
  9. Bahasa Indonesia
  10. Matematika
  11. Tajwid
  12. Siroh
  13. Doa
Penutup
Keberadaan MTQ Al Manshuroh diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat, khususnya kaum muslimin di Cilacap. Namun segala upaya MTQ Al Manshuroh hanyalah bersifat ikhtiar.
Adapun hasilnya semata-mata kita mengharap pertolongan Allah . Wabillahit taufiq.
Allah  Berfirman yang artinya : “mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai“. ( Q.S. Ar Ruum 30:7 )

http://www.almanshurohcilacap.com/